Kamis, 25 Agustus 2011

Zakat Fitrah

Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan. Kata fitrah yang ada merujuk pada keadaan manusia saat baru diciptakan sehingga dengan mengeluarkan zakat ini manusia dengan izin Allah akan kembali fitrah.
Sekolah Kreatif Sd Muhammadiyah 1 Gombong mengadakan Zakat Fitrah yaitu pemberian beras kepada yang berhak. Zakat ini dipanitiai oleh siswa-siswa yang terpilih sebagai panitia OSSIF dan dibantu oleh siswa lain. sebelum melakukan pembagian zakat terlebih dahulu sehari sebelum pembagian zakat sekolah membagikan girik ke masyarakat sekitar sekolah, kemudian girik itu digunakan untuk mengambil zakat fitrah pada keesokan harinya.
saat pembagian masyarakat dengan teratur mengambil beras zakat tersebut, mereka absen terlebih dahulu kemudian siswa memberikannya. saat memberikan beras siswa juga memberikan stiker skolah kreatif sebagai tanda bahwa sekolah kreatif telah melaksanakan Zakat Fitrah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar